Ssstt, Ada yang Berbeda di Acara #NgopiBarengTiket

Foto Bersama Peserta #NgopiBarengTiket

Foto Bersama Peserta #NgopiBarengTiket

Meninggalkan Kanada untuk membangun start up lokal bagi seorang Gaery Undarsa merupakan hal dilematis. Di satu sisi dia harus melepas jabatan dan gaji yang tidak bisa dibilang sedikit di Kanada, kemudian pulang kampung dan lebih serius dalam mendirikan usaha travel agent. Co Founder tiket.com ini berjudi dengan keputusannya, padahal seperti yang kita tahu tidak ada tempat bagi orang kreatif di negeri ini seperti halnya Dr. Warsito penemu helm kanker yang karyanya dianggap remeh pemerintah.

Beruntung Gaery membangun bisnis dengan melibatkan semua aspek termasuk bekerja sama dengan para blogger. Memasang widget aplikasi tiket.com di blog para penulis: merupakan strategi marketing yang cukup jitu. Selain iklan gratis, cara kerja seperti ini mampu menjangkau konsumen dalam berbagai level dengan cara instan. Masalah lain muncul ketika ada kompetitor baru yang bergerak di bidang sama. Namun hal itu malah dijadikan feed back oleh Gaery dalam mengelola strategi untuk lebih memajukan perusahaan.

Acara #NgopiBarengTiket yang dikemas seperti talkshow ini menyajikan informasi yang menarik, berbeda dari acara-acara sejenis lainnya. Pelanggan tiket.com yang selama ini menjadi konsumen diajak berbisnis dengan menjadi partner tiket.com dalam membangun network perusahaan bersama-sama, tanpa dipungut biaya lagi. Lha bagaimana caranya?

Gampang! Cukup menyertakan link widget aplikasi tiket.com ke blog penulis. Pengunjung blog yang tertarik membeli tiket di tiket.com akan mendapat poin sekali klik. Hmmm, menarik. Jadi acara ini sekaligus mengajarkan cara mengelola blog agar bisa menghasilkan uang.

Apalagi salah satu narasumber, mbak Indah Juliani Sibarani yang jauh-jauh datang dari Yogyakarta membeberkan semua rahasianya mendapatkan uang dari blog. Saya yang tadinya menganggap blog tak lebih dari curhatan pribadi semata sampai harus berdecak kagum dengan pemaparan dia. Oh ternyata blog bisa difungsikan sebagai sarana mencari uang.

Menurut mbak indah, ada beberapa cara agar blog menjadi produktif: 1. Buatlah blog semenarik mungkin 2. Pasang widget aplikasi sponsor 3. Google adsense 4. Traffic 5. Review produk. Dan kesemuanya itu terfokus pada substansi tulisan. Antara judul dan substansi harus menyajikan informasi yang sama, bukan asal-asalan. Yang terpenting menyajikan informasi yang cukup ‘unik’.

Penampakan tiket.com via mobile

Penampakan tiket.com via mobile

Nah kalau untuk membedah bagaimana sistem penghasil uang dalam blog ini bekerja, Pak Novasta yang juga Sales Division Head B2B adalah ahlinya. Dia membuka semua dapur tiket.com how to market their product. Luar biasa, di samping melakukan strategi yang lebih kekinian tiket.com ternyata sedang membangun strategi lainnya dengan melibatkan lebih banyak network. Seolah-olah dia ingin mengajak pengguna tiket.com untuk membesarkan perusahaan bersama-sama, “Ini lho perusahaan yang 100% Indonesia banget”. Saat ini tiket.com mempunyai 5 layanan: pesawat, hotel, kereta api, event, dan sewa mobil.

Setelah pemaparan dari Gaery, Mbak Indah, dan Pak Novasta saya sedikit mendapatkan gambaran bagaimana sistem networkimg ini bekerja. Oh ternyata cukum simpel cara menggunakannya. Lantas bagaimana cara mengaplikasikannya dalam blog? Mas Adam yang juga pemilik Travel Kita membagi pengalamannya membangun bisnis dari blog. Berawal dari iseng-iseng memasang widget tiket.com di blognya, semakin lama banyak teman yang mengarahkan kursor ke aplikasi widget tiket.com dari blognya. Tak terasa pundi-pundi uang telah masuk ke rekening tanpa dia sadari. “Tiba-tiba banyak aja”, katanya di Hongkong Cafe Thamrin.

Berbincang dengan mereka yang terjun dalam dunia travel dan blog membuka wawasan saya tentang dunia tulis menulis. Saya jadi tertarik ingin mencoba cara Mbak Indah dan Mas Adam menghasilkan uang dari blog. Apalagi Pak Novasta dari tiket.com bersedia membantu dengan menyebar nomor ponselnya, tiap saat bisa dihubungi. Hal semacam ini menjadi barang baru bagi saya. Kalau ada kesempatan bagus seperti ini kenapa tidak dicoba?

This entry was posted in Asyiknya Menulis. Bookmark the permalink.

2 Responses to Ssstt, Ada yang Berbeda di Acara #NgopiBarengTiket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>