Siswa Paling Cerdas di Rantau Malam

Arga Siswa Cerdas Rantau Malam

Arga Siswa Cerdas Rantau Malam

Namanya Arga. Hobinya mengangkat tangan ketika kami hendak mengajukan pertanyaan kepada anak-anak di sini. Setiap kali kami melempar pertanyaan, dia selalu bisa menjawab. Dan semua jawabannya selalu benar.

Kata Ibu Gurunya, Arga memang anak paling aktif di kelas. Nah foto ini adalah momen ketika kami belum mengajukan pertanyaan, tetapi dia sudah mengangkat tangan duluan.

Kebetulan kami masih punya merchandise Seminar Natural Resources yang pesertanya adalah perwakilan negara-negara sahabat di seluruh dunia, Agustus lalu di Jakarta. Rencananya merchandise ini adalah hadiah bagi siapa saja yang bisa menjawab pertanyaan kami.

“Merchandise ini sangat spesial karena merupakan hadiah untuk negara yang tertarik dengan isu-isu sumberdaya alam. Beruntung bagi adik-adik yang bisa memiliki ini karena kami hanya punya satu. Bukan tidak mungkin suatu saat, meskipun lahir dan besar di pedalaman Kalimantan, adik-adik bisa keliling dunia. Syaratnya adalah kalian bisa menjawab pertanyaan kakak”

“Kak, boleh saya maju untuk mencoba menjawab?” Kata Arga yang dengan cekatan mengacungkan jarinya.

Kami lalu bertanya kepada salah satu Ibu Guru yang menemani kami di ruang kelas tentang pelajaran Matematika apa saja yang sudah diajarkan beliau kepada anak didiknya.

“Perkalian, Pembagian, dan Bangun Ruang”, kata Ibu Marsianah yang sudah mengabdi di desa terpencil ini selama 20 tahun.

Kemudian kami memberi soal bangun ruang tentang volume sekolah. Lebih tepatnya volume balok dengan ukuran tertentu. Tanpa kesulitan dia mengerjakan perkalian di papan tulis menggunakan kapur. Setelah aksi corat-coret di depan kelas, hasilnya pun bisa dia temukan.

“Sekian meter kubik kak”

Untuk ukuran sekolah yang berada paling ujung sungai Serawai (anak sungai Melawi) Arga adalah siswa paling cerdas yang pernah kami temui.

This entry was posted in Catatan Perjalanan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>