Hippodamia Apicalis : Lady Beetle yang Suka Mengendap-endap

123cDi Hulu Rabang (sungai bercabang dua) seekor hewan terlihat merayap mengendap-endap di sebuah batang pohon kering. Ketika di dekati dia malah pergi dengan cepat meninggalkan kami. Beberapa saat kemudian dia berhenti seolah ingin mendapatkan perhatian dari beberapa orang yang jarang ditemuinya di tengah hutan.

Bentuk badannya memanjang. Sekujur badannya hitam legam dan mengkilat kecuali pangkal kakinya berwarna merah. Berjajar rapi di sebelah kanan dan kirinya. Sensitif terhadap gerakan dan sentuhan sehingga refleksnya sangat cepat.

Lady Beetle, yang berukuran sejempol tangan orang dewasa ini memakan kutu daun atau serangga daun yang berukuran kecil. Sedangkan kotorannya dapat menyuburkan tanaman.

Disclaimer : Berhubung sangat sulit mencari referensi tentang insecta ini di internet, bisa jadi merupakan spesies lain yang berbeda.

This entry was posted in Catatan Perjalanan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>