Daddy Longlegs : Gigitan Laba-Laba Palsu yang Dianggap Sangat Beracun

123g

Hujan gerimis memaksa kami untuk hening sejenak di dalam tenda. Tak terkecuali hewan-hewan kecil dan serangga juga turut berlindung dari air hujan.

“Auuuh…”, Pendi tiba-tiba berteriak karena sebuah gigitan.

“Ada apa bang?”, kataku.

“Dia menggigit bang”, kata Pendi sambil menunjukkan sesosok hewan yang merayap di tangannya.

Ternyata yang menggigit tangan Pendi adalah seekor harvestman, laba-laba palsu yang hanya muncul saat musim gugur tiba. Atau saat musim panen di ladang bagi para petani. Kedelapan kakinya yang panjang dan badan yang hitam kelam tampak menyeramkan di mata manusia. Kakinya saja bisa tumbuh sampai 16 cm. Dengan bentuk yang menyeramkan seperti itu bermunculan mitos di beberapa masyarakat yang menganggap harvestman adalah hewan yang sangat beracun di dunia.

Padahal harvestman tidak seberbahaya laba-laba hutan. Harvestman tidak menghasilkan racun yang bisa mengubah jaringan tubuh mangsanya menjadi cair sehingga bisa dihisap. Harvestman juga tidak bisa membuat jaring seperti laba-laba pada umumnya karena dia tidak punya kelenjar penghasil jaring. Taringnya pun sangat kecil sehingga tidak cukup mampu merobek kulit manusia.

Sebagai hewan omnivora, harvestman suka memakan jamur, buah kecil, kotoran burung, bangkai, serangga tanaman dan hewan lain yang lebih kecil dari tubuhnya. Untuk melindungi diri dari pemangsa, harvestman mengeluarkan cairan yang baunya sangat menyengat agar calon pemangsanya tidak bernafsu lagi untuk memakannya. Bentuk pertahanan tubuh lainnya adalah dengan memutuskan kaki panjangnya. Cara ini dianggap cukup ekstreem karena kaki yang telah putus tidak bisa tumbuh kembali.

Kembali ke gigitan, hewan ini menggigit manusia saat terdesak. Mengingat taringnya yang kecil menyebabkan gigitannya tidak terlalu menyakitkan.

#SowaBadak

 — at Pedalaman Hutan Kalimantan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>