Buku Bacaan untuk Anak-Anak Pedalaman Kalimantan

Untuk Para Sahabat yang Budiman

Salam hangat,
Perkenalkan kami dari Mimbar Foundation. Organisasi yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan, jika Allah mengizinkan pada akhir Desember 2015 ini kami berkesempatan untuk melakukan perjalanan ke pedalaman Kalimantan. Tepatnya di SDN 1 Rantau Malam, Serawai, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

Kondisi Alam
Kami akan mulai bergerak dari kota Pontianak dengan estimasi waktu kurang lebih 2 hari perjalanan dengan menyusuri percabangan sungai Kapuas dan sungai Melawi. Satu-satunya angkutan yang bisa kami akses untuk menjangkau lokasi adalah perahu kecil yang hanya muat untuk 5 orang dengan membelah hutan Kalimantan via jalur sungai. Adapun kondisi alam kampung adat dayak yang akan kami jangkau berada di bibir hulu sungai Melawi. Kampung ini adalah kampung adat terakhir yang ada di hulu sungai.

Aktivitas
Ada beberapa kegiatan yang akan kami lakukan di salah satu wilayah terpencil di Kalimantan itu. Selain melakukan research tentang sosial budaya daerah adat dan potensi fiskal di daerah pedalaman, kami juga berencana mengajar dan membangkitkan motivasi belajar pada anak-anak di SD tersebut. Jika memungkinkan kami akan membuat perpustakaan sederhana sebagai pemuas dahaga pengetahuan anak-anak di sana. Untuk itu kami siap menampung buku bacaan atau buku tulis yang masih layak guna.

Alamat Donasi
Bila di antara sahabat ada yang ingin mendonasikan buku atau sebagian rezeki untuk kegiatan ini, bisa menghubungi kami pada alamat berikut:

Ba Gus Rosyid Tuasamu
Jl. Rawa Tengah V Nomor 01 RT 1 RW 6, Galur, Johar Baru
Jakarta Pusat 10530
(085649173698)

atau ke

Henny Return
Jl. Timor No. 61 Kotabaru
Pontianak Kalimantan Barat 78121
(089694187070)

Kami sadar betul aktivitas ini tidak bisa menjawab tantangan mencerdaskan kehidupan bangsa seutuhnya. Namun kami yakin, setidaknya dari motivasi belajar yang akan kami bangun kepada generasi muda di sana bisa menjadikan sebuah inspirasi. Bukan tidak mungkin di antara mereka akan muncul calon aktivis atau pembesar wilayah yang dapat menjaga kearifan lokal dari aktivitas perambahan hutan secara liar yang menyebabkan kebakaran hutan di masa depan.

Info Lanjutan
Sebagai tambahan informasi donasi buku maupun dana, kami sampaikan hal berikut:

1. Untuk alamat di Jakarta, buku bacaan/tulis mohon diusahakan sampai di lokasi selambat-lambatnya Sabtu, 12 Desember 2015.

2. Untuk alamat di Pontianak, buku bacaan/tulis mohon diusahakan sampai di lokasi selambat-lambatnya Jumat, 18 Desember 2015.

3. Untuk donasi berupa dana, transfer selambat-lambatnya Jumat, 18 Desember 2015 Ke Rekening:
BRI 050701010423501 a.n. Rosyid Bagus
Mohon konfirmasi setelahnya ke 085649173698 (wa/sms) untuk laporan pertanggungjawaban kami.

Kita bisa saja diam
Kita bisa saja begitu asyik dengan dunia sendiri
Namun kita seringkali lupa menyadari
Kalau di bagian terpencil Indonesia sana
Ada jutaan anak-anak yang begitu susah payah mendapat informasi pengetahuan

“Kita bisa saja menutup telinga dan memejamkan mata akan keberadaan mereka. Tapi gundahnya hati nurani tidak mudah untuk diajak kompromi”

Hormat saya,
Ba Gus Rosyid Tuasamu
Founder Mimbar Foundation & Aktivis Sahabat Petualang Nusantara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>