Polling : Europe Crisis

[polldaddy poll=5713919]

Dasar-dasar kekuatan ekonomi kapitalis yang dipakai negara barat mulai goyah dengan adanya krisis politik di Italia. Krisis Yunani yang belum sepenuhnya sembuh mulai merembet ke Italia. Bukan tidak mungkin krisis di Italia juga merembet ke Uni Eropa lainnya. Krisis di Italia ditandai dengan tingkat suku bunga obligasi  di Italia sudah mencapai 7,25% per tahun. Obligasi Pemerintah Italia sudah seperti junk bond (obligasi sampah) jika tingkat bunga mencapai persentase sebesar itu. Risiko pembelian obligasi sangatlah tinggi. oleh karena itulah investor tidak ingin mengambil risiko dengan membeli obligasi tanpa disertai return yang tinggi pula.

Setelah dipermalukan dengan skandal seks yang mencuat beberapa waktu lalu, Silvio Berlusconi sebagai pemimpin tertinggi di negeri model itu merasa tertampar dengan kondisi ekonomi sekarang. Kemungkinan besar Perdana Menteri Italia yang juga petinggi klub sepakbola AC Milan itu tidak akan maju lagi dalam pemilihan Perdana Menteri periode mendatang. Krisis yang terjadi di Italia membuat was-was negara-negara uni eropa lainnya. Jika pemerintah Italia tidak mampu mengatasi ekonominya sendiri, butuh dua kali penyelamatan besarnya talangan krisis Yunani.

This entry was posted in Belajar Ekonomi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>