Menilik “Kabinet”-nya Anggito Abimanyu

Lama tak terdengar kabar seorang ekonom Anggito Abimanyu di halaman media. Setelah lebih setengah tahun yang lalu beliau menentang hegemoni penguasa politik dengan mengundurkan diri dari jabatan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, kini beliau lahir kembali dengan menyusun “kabinet” versi Anggito. Bak gayung bersambut, Anggito yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada pun mulai menghiasi layar media. Tidak dalam bidang ekonomi ataupun perwakilan partai politik namun sebagai pencinta olahraga khususnya Basket. Kini beliau menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi).

Aneh bagi orang awam namun tak aneh bagi orang yang sudah mengenal sosok pencinta “flute” itu. Seorang ekonom bisa menjadi Ketua Umum Perbasi. Bermodalkan hobi bermain Basket kini salah satu orang kepercayaan Gusdur dalam hal ekonomi itu menjadi orang nomor satu di Perbasi. Sempat membintangi iklan salah satu produk jamu nasional yang bertemakan kemampuan beliau,  Anggito berhasil menjadi Ketua Umum setelah memperebutkan kursi dengan kandidat lain seperti Ari Sudarsono, Azrul Ananda dan politikus Maruarar Sirait. Kini amanah yang menunggunya adalah prestasi cabang Bola basket di ajang Sea Games tahun ini.

Berbekal komitmennya terhadap olahraga berpemain lima orang ini, Anggito mempunyai visi untuk pengembangan generasi muda melalui kompetisi rutin Olahraga basket di SMP dan SMA. Dengan bergulirnya turnamen-turnamen antar sekolah bisa menjadi cikal bakal berlangsungnya bakat-bakat dari pencinta Basket tanah air. Paling tidak itu adalah harapan jangka panjang.

Berikut susunan Kabinet PB Perbasi periode 2011-2014 :

Dewan Kehormatan : Erick Thohir Noviantika Nasution Setia Dharma Madjid

Ketua Umum : Anggito Abimanyu

Wakil Ketua Umum : Ade Bella Harahap

Sekretaris Jendral : Agus Mauro

Wakil Sekretaris Jendral : Maman Abdurahman

Bendahara Umum : Indra Allen

Wakil Bendahara Umum : Ira Suyudi

Pembantu Ketua Umum : Andi Hirawan, Maman Djakaria, M. Rifky, Asmi Patros, Azwar zulkarnaen

Kabid Organisasi dan Kehumasan : Daahlan Muhammad

Kabid Pembinaan dan Prestasi : Iman Sulaiman

Kabid Pengembangan SDM : Nandang Roekandar

Badan Pengembangan Bola Basket Nasional :

Direktur Utama : Ketua Umum (ex-officio)

Anggota : Sekretaris Umum (ex-officio)

Ketua Bidang Binpres (ex-officio), Sandiaga Uno, Dudi Gumbiro dan Azrul Ananda.

Semoga ini menjadi suatu kabinet yang benar-benar bermanfaat bagi mejunya prestasi olahraga nasional Basket tanah air. Bukan sebagai bentuk pelarian akan masa lalu. Bravo Olahraga !

 

This entry was posted in Sentuhan Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>