“Sentuhan Pertama di Malam Pertamaku”

Sentuhan Pertama itu…

Aku ingat ketika pertama kali aku menyentuh sebuah peralatan yang dinamakan “komputer” pada pertengahan tahun 2000. Dan itu adalah sentuhan pertama. Sebelumnya aku belum pernah sekalipun menyentuh apalagi mengoperasikan komputer. Aku hanya tahu bentuk komputer dari media televisi atau buku-buku dan majalah yang memuat gambar tentang komputer. Maklum, ketika di Sekolah Dasar tidak ada pelajaran tentang komputer. Bahkan di SD ku saja tidak ada barang bernama komputer. Yang ada hanyalah barang yang bernama “mesin tik”.

Walaupun tidak terlalu terpencil, saat itu orang-orang di desaku jarang yang mempunyai komputer. Kalo dikumpulkan kemungkinan bisa dihitung dengan jari. Terlebih di kantor kepala desa pun belum ada barang bernama komputer itu. Aku tidak tahu apakah desaku salah satu daerah yang belum tersentuh zaman elektronik atau kemampuan daya beli masyarakat yang hanya cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Kebanyakan dari penduduk di desa bermata pencaharian sebagai petani dan pekerja bangunan. Kalau ditarik kesimpulan kebanyakan orang-orang di desaku gagap teknologi. Komputer saja banyak yang belum kenal apalagi internet?

Jika punya waktu senggang, coba saja tanya kepada masyarakat di desaku bagaimana cara mengoperasikan komputer, apakah itu email, blog, friendster, web, sofware, hardware, softcopy dll. Saya jamin jarang yang mengerti istilah-istilah itu. Meskipun tidak terlalu jauh dengan pusat kota yang bergelimang warnet (warung internet) dan rental-rental pengetikan atau kursus komputer, jarang sekali yang berkunjung ke tempat-tempat seperti itu. Yang pasti kemampuan untuk memahami dunia modern dan teknologi sangatlah kurang. Terlebih mengenal teknologi dunia komputer dan internet. Hal ini disebabkan tidak adanya fasilitas atau informasi yang memadai baik oleh pihak-pihak terkait pendidikan misal SD yang mengenalkan teknologi kepada siswa serta kerjasama antara pemerintah desa dengan pihak-pihak swasta dan pemerintah daerah.

Melek Teknologi

Baru sekitar pertengahan tahun 2000 alhamdulilah aku masuk SMP terfavorit di Tulungagung, Jawa Timur. Di sana, SMP 1 Tulungagung, aku mulai membuka kebutaanku selama ini terhadap dunia komputer dan internet. Aku mulai melek teknologi dunia bernama komputer. Bayangan bahwa mengoperasikan komputer itu sulit dan momok yang selalu menghantui pikiran konvensionalku kini memudar seiring perkenalanku dengan dunia elektronik itu. Walaupun sebatas menguasai Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Yah, hanya sekedar tahu tentang aplikasi yang ada di komputer saja. Paling tidak aku sudah melek teknologi daripada sebelumnya. Walaupun tidak begitu mahir mengoperasikannya yang penting aku tahu. Aku tahu kalau ilmuku masih sedikit dan masih harus belajar terus menerus. Belum puas dengan ilmu yang masih begitu-begitu doang. Masih sangat rawan dikatakan sebagai orang yang bisa mengoperasikan komputer.

Aku ingin terus belajar komputer walaupun hanya dengan otodidak…

Momok bernama Internet

Walaupun sudah digunakan sebagai bahan pelajaran di SMP namun aku hanya mempelajari hal-hal yang masih terkait dengan komputer. Namun hal-hal berkaitan dengan internet belum aku coba. Bahkan aku takut dengan kata “internet”. Takut kehilangan uang, takut kehilangan waktu, takut tidak bisa, takut semuanya deh…

Internet adalah suatu momok menakutkan buatku saat itu. Internet itu mirip sebuah “Dracula” yang siap menghisap darahku. Aku takut jatuh cinta pada internet. Siang dan malam terus nongkrong di warung internet hanya untuk menjelajah dunia maya. Aku takut kehilangan semuanya. Takut kehilangan uang, waktu belajar, bermain, mengaji, istirahat dsb. Aku menyebut internet sebagai “momok”. Aku takut dikekang dan dicengkeramnya.

Saat-saat yang paling katrok dalam sejarah perjalanan hidupku. Tidak mau menyentuh hal terkait internet. Sungguh memalukan dan menggelikan jika aku mengingat kejadian-kejadian itu. Dan saat itulah aku menjadi orang yang paling gaptek (gagap teknologi) di antara teman-temanku. Walau hanya berdasarkan pikiranku sendiri sih…


MALAM PERTAMAKU?

Lama nian aku enam tahun sekolah dari kelas 1 SMP sampai kelas 3 SMA berhubungan dengan komputer. Namun anehnya jarang sekali aku menyentuh “INTERNET”. Bahkan sampai akan lulus SMA pun masih belum punya email. (Huff… Norak banget aku ini). Teman-temanku saja sudah mempunyai friendster, tapi aku? Email saja masih di luar kepala (belum ngerti cara buatnya, hehe) Karena hari-hariku di sekolah menyentuh komputer pas praktikum saja..

Malam itu…adalah malam pertamaku. Kalau kuingat-ingat lagi, aku merasa malu (mukaku memerah kalau mengingatnya). Malam pertama yang sangat menggugah pikiran konvensionalku untuk berselancar di dunia maya. Malam pertama yang membuatku menyentuh barang bernama “email” pertama kali. Ceritanya begini,

“Kejadian itu terjadi saat awal tahun 2006, saat-saat terakhirku di kelas 3 SMA. Aku bersama seorang temanku yang bernama Eldias Anjar pergi bersama-sama ke warnet. Kami bermaksud membuka situs resmi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Karena aku tidak tahu cara berselancar di dunia maya makanya aku mengajak teman (ketahuan deh kalau aku gaptek banget). Pertama, aku suruh Dias membuka situs yang kami maksud. Aku hanya duduk disampingnya saja sambil melihat apa yang dilakukannya. Lama kelamaan tanganku gatel juga pengen mencoba (Tapi saat itu aku malu kalau aku yang memegang mouse-nya, aku gak bisa ngapa-ngapain). Dengan berat hati dan seolah ingin menampar diriku sendiri, aku memberanikan diri untuk bicara padanya,

Aku : “Dias, buatin aku email dong?” (Sambil menahan malu)

Dias : “Emang belum punya email ya Gus”

Hatiku dag-dig-dug der, Kulirik wajahnya. Tapi biasa saja. Aku takut dia membocorkan rahasiaku ini ke teman-teman di sekolah. Dan semua teman-temanku mengejekku. Terlebih jika aku gak bisa main internet. Waduh,,, bisa geger seluruh sekolah. Aku memberanikan diri saja menjawab pertanyaannya. Karena aku yakin Dias adalah seorang teman yang menyenangkan dan bisa dipertanggungjawabkan kepercayaannya.

Aku : “Belum yas, mumpung disini sekalian buatin dong” (Sekali lagi aku menahan rasa maluku untuk mengatakan hal ini kepadanya. Buset, rasanya kayak mau nembak cewek. Jantung berdetak kenceng banget. Takut ketahuan gaptek, takut diejek bercampur semua jadi satu)

Dias : “Owh, kalau begitu aku buatin pake yahoo aja ya. Lebih enak. Tapi ntar kamu yang ngetik sendiri profilnya.” (Aku kaget, ternyata dia gak mengejekku gaptek. Ternyata dia malah bersedia membantu aku membuat email. Wah, ternyata aku tidak salah pilih teman untuk mengajariku membuat email dan berinternet)

Aku : Terserah deh yas. Aku manut saja. (Sambil tersenyum malu. hehe)

Serpih Sesal …

Sungguh kejadian yang memalukan tapi agak-agak lucu gimana gitu, jika diingat-ingat sampai sekarang. Luar Biasa. Momok yang selama ini padat di otakku pacah bak bisul yang keluar nanahnya. Lega sekali rasanya. Senang bisa berinternet untuk pertama kali. Di malam itulah itulah aku pertama kali menyentuh email. Sebelumnya saja, bagaimana cara membuat email aku belum tahu. Dalam benakku ternyata berpikiran bahwa berselancar di dunia internet ternyata mengasyikkan juga. Jauh dari pikiranku bahwa internet itu ribet, bikin uang saku tipis. Ternyata banyak manfaatnya. Tidak hanya bisa membuat, menulis, mengirim email namun juga bisa membuka situs-situs penting tentang pendidikan, mencari artikel, dan berkenalan dengan teman-teman di dunia maya. Bahkan bisa juga digunakan untuk mencari uang bagi mereka yang bisa memanfaatkannya.

Menyesal adalah kata pertama yang pertama kali keluar dari mulutku. Kenapa tidak dari dulu aku mengenal internet. Kenapa tidak dari dulu aku membuat email, mencari artikel tugas di internet, mencari teman-teman di dunia maya agar bisa saling tukar informasi.

Namun aku berusaha meyakinkan diriku.

Tidak ada kata “terlambat” untuk belajar.

Tidak ada kata “tua” dalam mempelajari sesuatu.

Tidak ada kata “malu” untuk bertanya kepada teman yang lebih pintar dari kita.

Tidak ada kata “rugi” mengorbankan waktu dan uang demi pengetahuan baru.

Tidak ada kata “bosan” jika kita menyenangi sesuatu .

Tidak ada kata “menyerah” andai belum menemukan sesuatu yang inginkan.

Tidak ada kata “pesimis” sebelum pengetahuan tentang internet lenyap dari muka bumi.

Tidak ada kata “mahal” karena mengeluarkan uang jika pengetahuan itu bermanfaat bagi kita.

Penyesalan memang terletak di akhir perjalanan kita. Namun aku ingin menjadikan penyesalan itu sebagai langkah awal mengenal internet dan mendalami internet. Suatu saat nanti aku ingin menghasilkan karya yang bisa menghasilkan uang melelui media internet. Aku iri dengan teman-teman, orang-orang yang terlebih dahulu mengenal internet. Aku iri melihat mereka sudah punya ilmunya. Oleh karena itu aku sedikit demi sedikit belajar tentang internet walaupun belum semuanya kupelajari.

Berawal dari malam yang mengesankan itulah aku mengenal pertama kali internet. Malam pertamaku menyentuh internet. Malam pertamaku berselancar di dunia maya. Malam pertamaku membuka cakrawala dunia lain. Malam pertamaku mulai menghapus bayangan kebutaan tentang dunia internet. Malam pertamaku mengerti tentang adanya teknologi bernama “internet”. Sungguh malam yang mengesankan. Aku ingin selalu mengingat malam itu dengan sebutan “sentuhan pertamaku di malam pertama”.

Alhamdulilah hingga kini aku masih terus belajar tentang internet walaupun hanya otodidak. Belajar sendiri dengan e-book atau langsung mempraktikkan sendiri di lewat internet. Yang pasti aku sangat senang bisa berinternet. Semoga saja pengetahuanku tentang internet bisa terus bertambah banyak.

This entry was posted in "Sentuhan Pertama di Malam Pertamaku" and tagged , . Bookmark the permalink.

55 Responses to “Sentuhan Pertama di Malam Pertamaku”

  1. almaadin says:

    hahaha…
    nasibmu podo karo nasibku syid..
    tapi saiki peningkatanku cukup signifikan…
    mbiyen aq jan ndak ngerti opo2 masalah komputer.. dipameri guroh yo meneng ae,, atue aq ndak ngerti,,

    tapi saiki wong neng elektro lek takon masalah software+hardware, takone neng nggonku.. bah kuwi windows XP, linux, jaringan internet, dsb..
    wes, pokoke aq neng elektro dadi wong sing kenek ditakoni masalah IT..
    hahaha….

  2. saptenko says:

    katrok….sungguh2 katrok…wekekekekeke..ngekek ketika baca judulnya..lebih ngekek baca semuanya

  3. cool says:

    bagus …..

  4. kahfi says:

    Salud tuk semangatny….
    kreatifitas trus menjadi orang yg berguna,..
    subhanallah…
    lanjutkan bro…

  5. Dedikasi says:

    Walah2 sid2, moco marahi ngantuk ae . Ngalah2ne moco UU ngantuke. Tp py2 sykur jik iso ngenang kisah naliko jaman mbnyenmu sid.

  6. q says:

    wahaha… judul yg mengecoh,, sperti gerakan mu pas futsal td yg mengecoh org2 heeee

  7. angga says:

    hahahah..rosyid bnyk mnggnkan majas hiperbola.. (Terlebih jika aku gak bisa main internet. Waduh,,, bisa geger seluruh sekolah.) emg artis skolah apa??????..tp oke lah buat judulny bs mngecoh aplg buat kaum adam..hahahaha

    • ochid bagus says:

      @angga on, beneran.. soalnya kebanyakan temenku uwdah pada go teknologi. Semua rata2 uwdah pinter2 teknologi, salah satunya uwdah punya HP. pada chatingan, Jaman segitu, aku masih belum punya hape,hehe

  8. subekti says:

    halah… awakmu saiki ws ngerti
    brang aku blas syid.

  9. Bara says:

    tu namanya proses blajar dari nggak ngerti menjadi ngerti……
    yo ngono kui urip iku… hahaha

    • ochid bagus says:

      @bara, hidup emang serasa begitu. walaupun kadang malu menjalani hidup, namun harus tegas dan tegar

  10. ocha says:

    Bagus banget ceritanya, kenapa gak dikembangin saja, biar jadi penulis beneran? Salam Kenal Ya? Aku Ocha ^_^

    • ochid bagus says:

      @ocha, Makasih, ya ntar dech aku hobby nulis kok. Doain ajah, insya allah pengen sih. Salam kenal juga ^^

  11. Sari says:

    Jadi inget masa jadul guwe dulu, guwe selalu gaptek dibanding temen2 guwe. Tapi sekarang sama kayak kamu chid, belajar biar kagak gaptek. Jiaaah, hehe. Seneng baca tulisan kamu. Semangat deh buat ochid.

  12. sunflower says:

    hehehe.. kayak mau nembak ya..??? lucu.. lucu..

  13. ElenaLisvato says:

    Super-Duper site! I am loving it!! Will come back again – taking you feeds also, Thanks.

  14. Extenze says:

    amazing stuff thanx :)

  15. buyvigrx says:

    I keep listening to the news speak about getting free online grant applications so I have been looking around for the best site to get one.

  16. HitHoniAret says:

    Hello,мооаоквеуі
    ambien without prescription

    Ambien drug was mainly founded by certain UK Pharmacy firm.
    ambien cr
    Ambien drug is one of the categories of imidazopyridine.
    http://tomahawk-talk.com/ – ambien drug
    There are other benefits of his drug as well.

  17. Hello, tuotprffcdddni

    purchase phentermine
    So, if you have any such problems contact your doctor today only.
    phentermine weight loss
    So, if you have any such problems contact your doctor today only.
    http://www.bronchitismiraclecure.com/ – phentermine diet pills
    Phentermine first came in existence in the year 1959.

  18. AHeateeple says:

    Hello,
    baserdasew
    generic sertraline
    No more depression
    Buy Zoloft at very affordable price! No prescription is needed!
    Zoloft is the trade name of the drug Sertraline hydrochloride.
    http://www.highproxy.info/ – cheap zoloft

    Major depression in adults, obsessive-compulsive disorder, panic disorder, and social anxiety disorder are the main conditions that Zoloft treats in both adults and children.
    buy zoloft
    No more depression
    Buy Zoloft at very affordable price! No prescription is needed!
    Zoloft is the trade name of the drug Sertraline hydrochloride.

  19. AHeateeple says:

    Hello all
    baserdasew
    discount zithromax
    This is why you should inform your physician about the entire prescriptions and medications you prefer.
    discount zithromax
    If you keep on consuming Zithromax, you?ll realize the improvement in your symptoms even before the problem in absolutely treated.
    http://www.imajsalon.com/ – zithromax cost
    However, Zithromax is not good enough for treating the viral infections, such as flu or common cold.

  20. AHeateeple says:

    Hi
    baserdasew
    http://www.clairefilm.com/ – viagra without prescription
    This inflates the penis with blood.
    viagra online pharmacy
    After taking the pill, Sildenafil citrate then enters the bloodstream.
    generic viagra online
    People who used to suffer from erectile dysfunction are not confident enough to go to a doctor to discuss their condition.

  21. buyvigrx says:

    Nice post! GA is also my biggest earning. However, it’s not a much.

  22. Allegrell says:

    hello all
    http://www.andrecalixto.com/ – hoodia hoodia

    During the 19th century it was discovered that this substance could not only help suppress appetite, but help users lose large amounts of weight also.
    hoodia diet

    Hoodia unlike many other traditional weight loss supplements does not come with as many side effects, and is usually considered safe for consumption for those over 18.
    hoodia pills
    In todays market of medicines, there are numerous substances available that claim to help you lose weight.

  23. sildenafil says:

    There is obviously a lot to know about this. I think you made some good points in Features also.

  24. myun says:

    terima kasih postingannya ya..
    salam kenal…
    kunjungi HaLamAn kAMi ok!!

  25. gagefrili says:

    ninggalin jejak dulu..

  26. chipsTini says:

    mantap ceritanye..

  27. amil says:

    sunggu bagus nih,

  28. janiefonseca says:

    It’s really a nice and helpful piece of information. I am
    satisfied that you simply shared this helpful info with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

  29. viag says:

    It’s going to be finish of mine day, except before ending I
    am reading this impressive post to increase my experience.

  30. An outstanding share! I’ve just forwarded this onto a colleague who has been doing
    a little research on this. And he in fact ordered
    me dinner because I found it for him… lol. So let
    me reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to discuss this issue here on your site.

  31. viagra says:

    For newest information you have to pay a
    quick visit world-wide-web and on web I found this web site
    as a finest site for most recent updates.

  32. viagra says:

    Hi there to every body, it’s my first visit of this webpage; this blog includes amazing and genuinely excellent material designed for visitors.

  33. saints row says:

    Greetings! I came across your website on Twitter. I am making this comment to find out what theme you’re
    using on your site, I would like to use the theme that
    you are using so I can use it on my page

  34. Hi there everyone, it’s my first pay a visit at this web page,
    and piece of writing is truly fruitful in support of me, keep up posting these
    posts.

    My webpage: code de triche clash of clans video

  35. My partner and I stumbled over here from a different page and thought I should check things out.
    I like what I see so now i am following you. Look forward to looking at your web page repeatedly.

  36. Pretty great post. I simply stumbled upon your weblog and wanted to mention that I’ve truly
    loved surfing around your weblog posts. After all I will
    be subscribing on your rss feed and I am hoping you
    write once more soon!

    Also visit my web page; http://tinyurl.com/naelk2o

  37. You can certainly see your expertise within the article you write.
    The arena hopes for more passionate writers such as you who aren’t
    afraid to say how they believe. All the time follow your heart.

    my blog post – http://emulateur3ds-4.blogspot.com

  38. Hello! I know this is kind of off-topic but I had to ask.
    Does operating a well-established blog like yours
    take a lot of work? I am completely new to writing a blog however I do write in my diary on a daily basis.

    I’d like to start a blog so I can share my experience and thoughts online.
    Please let me know if you have any recommendations or tips for brand new aspiring blog owners.

    Appreciate it!

    my page: emulateur 3ds mac gratuit

  39. canadian says:

    Unspecialized Tidings Around this product health care prices

  40. ochid bagus says:

    tengkyu gan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>